Pemanfaatan Multimedia Interaktif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pengoptimalan Lahan Pekarangan di SD Negeri Kemukus Nanggulan Kulon Progo

Authors

  • Agustin Universitas Janabadra
  • Eri Haryanto Universitas Janabadra
  • Subeni Subeni Universitas Janabadra
  • Candarisma Dhanes Noor Viana Universitas Janabadra

DOI:

https://doi.org/10.37159/jad.v11i1.15

Keywords:

lahan pekarangan, multimedia, pembelajaran

Abstract

Mitra dari program pengabdian masyarakat ini yaitu SD Negeri Kemukus yang terletak di Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Alasan dilakukannya pengabdian di lokasi mitra dikarenakan masih rendahnya sarana pembelajaran dan keterampilan dari para guru dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pembuatan modul bahan ajar dan pemilihan media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan. Selain itu juga terkait permasalahan kurangnya optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan yang tandus menjadi lebih bermanfaat, bernilai ekonomis dan estetis. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pembuatan modul bahan ajar serta penggunaan media pembelajaran, dan 2) meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan yang tandus menjadi lebih optimal. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini antara lain persiapan dan pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan permasalahan yang ditemui oleh mitra maka solusi yang diberikan untuk tujuan yang pertama yaitu penambahan sarana pembelajaran, perancangan dan pembuatan website dan video profile, pelatihan pembuatan modul belajar, pelatihan pembuatan media pembelajaran, dan pelatihan pembuatan modul digital. Solusi yang diberikan untuk tujuan yang kedua yaitu pengadaan alat komposter dan pelatihan pembuatan kompos, serta pengolahan lahan dan budidaya tanaman. Berdasarkan pengabdian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk kegiatan belajar mengajar sehingga diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan motivasi belajar siswa. Selain itu mitra juga dapat meningkatkan keterampilannya dalam pengoptimalan lahan sehingga menjadi lebih produktif.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Agustin, Haryanto, E., Subeni, S., & Noor Viana, C. D. (2024). Pemanfaatan Multimedia Interaktif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pengoptimalan Lahan Pekarangan di SD Negeri Kemukus Nanggulan Kulon Progo . ADARMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Janabadra, 11(1), 8–17. https://doi.org/10.37159/jad.v11i1.15

Issue

Section

Articles